Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Apakah sobat detektif tertarik dengan sesuatu yang berbau komputer, elektronik, dan sejenisnya? Jika demikian, maka kalian harus mencoba untuk mengakses file-file yang ada di Gentoomen Library. Gentoomen Library bukan nama tempat melainkan nama kumpulan buku-buku elektronik yang berisi pengetahuan komputer, elektronik, dan sejenisnya yang dikumpulkan oleh tim Gentoomen Library.

Untuk siapa saja yang berjasa mengumpulkan semua file yang ada dalam Gentoomen Library sendiri penulis juga belum melakukan pencarian. Pada tahun ini bulan Desember, ukuran dari Gentoomen Library sendiri sudah mencapai 32.7 GB yang mayoritas filenya berekstensi (.pdf). bisa dibayangkan berapa banyak e-book­ yang terdapat didalamnya. Untuk buku yang membahas mengenai sihir sendiri penulis tak bisa menemukannya di dalam kumpulan file yang telah penulis unduh, meskipun tertulis “wizardy”, yang artinya sihir, di homepage Gentoomen Library. Berikutnya, kita akan membahas sedikit mengenai konten-konten dari Gentoomen Library ini.
Gentoomen Library
source: g.sicp.me

Untuk mendowloadnya, sobat detektif harus menggunakan pendownload torrent. Berikut adalah link ke homepage utama mereka -> https://g.sicp.me/books/

Jika kalian familiar dengan penggunaan torrent, berikut adalah magnet link nya-> magnet link

NB: terdapat bug yang dapat membuat download gagal sehingga kalian harus mendisabe download beberapa file. Untuk file apa saja yang dimaksud bisa dilihat di homepage Gentoomen Library.

Konten Gentoomen Library

Penulis akan membahas kontennya berdasarkan folder yang ada pada direktori utama saja secara rinci, sedangkan untuk subfolder di dalmnya akan penulis jelaskan secara garis besar saja.

Algorithms, seperti nama folder tersebut, bagian ini berisi pengenalan tentang algoritma, desain algoritma, serta pengenalan algoritma dalam beberapa bahasa pemrograman seperti C dan Pascal. Selain itu, bagian ini juga memuat algoritma dalam dara mining dan pengetahuan tentang struktur data.

Animation, tentu saja bagian ini berisi tentag pembuatan animasi dengan menggunakan beberapa software seperti salah satunya 3D Studio Max 5. Bagian ini juga membahas mekanisme animasi, stop motion dan lain sebagainya.

Artificial Intelligence, sudah jelas dari judulnya bahwa bagian ini memuat pengetahuan tentang kecerdasan buatan. Isinya lebih ke teori dan terapan kecerdasan buatan, seperti: Bayesian Network, Sistem Fuzzy, Mahine Learning, Neural Network, Swarm Intelligence, dan sejenisnya.

Computational Linguistics, bagian ini memuat beberapa pengetahuan tentang computational linguistic, atau salah satu bidang yang mengkaji pemodelan bahasa alami dengan statistika dan berbasis aturan dari sudut pandang komputasi. Bahasa alami sendiri adalah bahasa yang diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan. Di dalamnya sendiri terdapat beberapa bagian seperti, machine learning, semantics, psycholinguistics, serta teori Syntatic.

Computer Acrhitecture, bukan arsitek untuk menggambar rumah, namun arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Dengan kata lain, kita akan belajar mengenai komputer dengan memandang komputer tersebut sebagai sebuah bagian-bagian sistematis.

Computer Graphics, bagian ini membahas pemrograman dan struktur fundamental dari grafika komputer, termasuk peggunaan dan programming dengan Open GL.

Computer History, dari Namanya sudah jelas bahwa bagian ini berisi sejarah komputer. Bagian ini memuat sejarah Apple, Nintendo hingga Atari. Didalamnya juga terdapat sejarah lengkap mengenai video games.

Cryptography, tentu saja bagian ini memuat tentang teori kriptografi. Mulai dari kriprotgrafi terapan, hingga kriptogragi kontemporer. Bagian ini juga memuat tentang analisis kompleksitas kriptografi hingga kriptoanalisis militer.

Data Analysis, bagian ini membahas mengenai analisis data. Mirip-mirip dengan statistika, namun bedanya di dalam analisis data terdapat langkah-langkah dalam membuat keputusan atau decision making.

Data mining, bagian ini berisi tentang data mining yang merupakan serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tak diketahui secara manual dari suatu database. Caranya adalah dengan menggali pola-pola dari data yang ada dengan tujuan memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga dari proses tadi.

Data Structures, pada bagian ini berisi tentang strukur data yang biasanya dibarengi dengan algoritma. Struktur data adalah cara mentimpan atau merepresentasikan data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien.

Databases, seperti namanya, bagian ini berisi tentang basis data atau database. Isinya bermacam mulai dari teori dan konsep dasar hingga membahas mengenai beberapa platform database seperti mssql, oracle, ms access, dan sejenisnya.

Digital Design, maksud dari digital design disini bukan ke penggunaan software desain melainkan lebih ke desain elektronik, sehingga didalamnya kalian akan menemukan materi tentang VHDL atau VHSIC Hardware Description Language.

DSP-Collection, bagian ini merupakan kumpulan file yang membahas mengenai Digital Signal Processing atau pemrosesan sinyal digital. Yang dimaksud dengan sinyal itu sendiri adalah serangkaian angka yang merepresentasikan sampel atau variable kontinyu dalam sebuah domain waktu, ruang, ataupun frekuensi.

Electronics, pada bagian ini, tentu kita bisa menebak isinya, yakni elektronika. Isinya tentu saja seperti Elektronika analog dan digital, sirkuit, matematika Teknik dasar, dan sejeninya.

Extra, terdapat bagian ekstra di dalam Gentoomen Library. Isinya tidak lebih dari konten-konten tambahan yang terlalu sedikit atau tidak masuk ke kategori lain. Namun yang menarik didalam bagian ini terdapat 330 Top Secret Restaurant Recipes yang tak ada hubungan nya dengan materi lain. Sungguh aneh.

Game Development, pada bagian ini berisi tentang materi pendesainan game. Materi tersebut mulai dari teori dan konsep dasar game, hingga penggunaan unity dan maya. Terdapat sub bagian desain dan programming juga didalamnya. Bagian desain berisi tentang penggunaan software desain semacam 3ds max, hingga Software keluarga Adobe, sedangkan bagian programming akan membahas mengenai engine game, AI dari game, serta geometri.

Information Retrieval, bagian ini berisi tentang teori mengenai pengekstrakan informasi, baik struktur data dan algoritmanya, hingga sistem retrieval. Bagian ini juga memuat mengenai Multimedia Information Storage serta Interactive Information Retrieval.

Information Theory, Tentu saja bagian ini memuat mengenai teori-teori mengenai informasi itu sendiri. Informasi merupakan data yang telah diproses, sehingga isi bagian ini terbagi menjadi 3 bagian, dari teori coding, compression, dan tentu saja bagian utamanya, information theory. Selain itu terdapat pula mathematical theory sebagai pelengkap bagian ini.

Maths, setelah dengar namanya, tentu kita tahu bagian ini isinya apa. Namun, pengetahuan matematika di bagian ini lebih mengarah ke dunia IT, sehingga kontennya seperti: aljabar, kalkulus, aritmatika komputer, geometri, statistika, trigonometri, dan matematika diskrit.

Misc, bagian ini berisi tentang miscellaneous atau “lain-lain”. Materi disini berkisar tentang berbagai macam pengetahuan. Ada Excel, Google, photoshop, powerpoint, dsb.

Networking, Seperti namanya, bagian ini membahas semua tentang jaringan komputer, mulai dari perangkat kerasnya, hingga ke perangkat lunak pengoperasiannya. Selai itu, didalamnya juga terdapat materi web seperti PHP & MySQL, serta CSS & HTML.

Operating Systems, Bagian ini berisi materi tentang sistem operasi komputer, mulai dari windows hingga linux. Yang dibahas disini lebih ke operasional, serta teori dasar dari operasi sistem yang akan dibahas.

Programming, merupakan salah satu bagian utama dari Gentoomen Library, bagian ini memuat berbagai macam pengetahuan dari puluhan bahasa pemrograman dari A sampai Z. selai itu, didalamya juga terdapat materi mengenai compiler bahasa pemgrograman.

Security, bagian ini memuat materi mengenai keamanan komputer. Namun, seperti biasanya didalamnya terdapat materi-materi “hacking” dari A-Z, seperti pada bagian programming. Bagian ini memuat teori dasar dan konsep dari keamanan komputer ditambah materi dari HackerMonthly.

Software Engineering, biasa juga disebut dengan Rekayasa Perangkat Lunak, bagian ini berisi teori tentang langkah dan konsep pembuatan sebuah software. Didalamnya juga terdapt materi tentang design pattern, development, serta Object Oriented Programming (OOP).

The Actually Useful Programming Library, sesuai namanya, didalalmnnya membahas mengenai beberapa library programming yang “berguna” menurut para tim Gentoomen library. Didalamnya dibagi lagi menjadi beberapa subbagian yang terdiri dari nama librarynya langsung ataupun platform yang dituju. Dalam sub bagian tersebut berisi materi e-book yang penulis rasa cukup lengkap.

Theory of Computation, bagian ini berisi teori komputasi atau penghitungan. Materi didalamnya mulai dari pengenalan, elemen, hingga konsep kompleksitas dari komputasi tersebut.

Penutup

Penulis rasa, Gentoomen Library merupakan salah satu referensi lengkap yang bisa digunakan oleh sobat detektif semua terutama jika kalian melakukan studi di bidang seperti computer science ataupun yang sejenisnya. Namun, jika kalian hanya ingin mendownload karena penasaran, juga tidak apa-apa. Meski begitu materi yang terdapat dalam e-book yang ada di Gentoomen Library merupakan materi yang berat dan susah dicerna, sehingga jika kalian orang awam mungkin mengalami sedikit kesulitan memahaminya di awal.

1 comment:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib