Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Article Contributed by: Rs.

Anjing adalah salah satu hewan yang sudah dipelahara manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu jejak tertua yang menunjukkan hubungan anjing dengan manusia adalah sekitar 9400 tahun yang lalu. Sudah sangat lama seekor anjing menjadi teman dari manusia. Will Rogers dalam salah satu kesempatan mengatakan: "If there are no dogs in Heaven, then when I die, I want to go where they went." Menurut penulis, sebenarnya salah satu daya Tarik dari hewan mamalia lucu ini bukan hanya dari keuletan dan kelincahannya saja namun juga dari kepintaran otaknya.

Karena itu, jurnal detektif akan membahas anjing dalam dunia criminal. Seperti yang kita tahu, terkadang polisi dibantu oleh anjing khusus yang memiliki kemampuan untuk dapat menemukan barang/orang. Anjing dengan indra penciuman yang kuat membantu polisi dalam berburu dan menangkap penjahat. Walaupun anjing memiliki wajah yang lucu, hewan setia itu memiliki kekuatan dalam menangkap penjahat. Langsung saja kita bahas beberapa jenis anjing polisi yang akan dijelaskan satu persatu dibawah ini.

Jenis-jenis Anjing Polisi

1.      German Sheperd
Ini adalah anjing yang seringkali kita lihat di film-film yang meilbatkan polisi. Memiliki sifat mudah dilatih, berani, dan patuh akan setiap instruksi yang diberikan. Karena sifat-sifatnya itulah yang menjadikannya sebagai anjing terbaik dalam membantu tugas polisi. Selain itu German Sheperd juga bisa menjadi peliharaan yang baik. Sekedar info, anjing yang berasal dari jerman ini sudah popular dari era perang dunia dua.

German Sheperd
source: en.wikipedia.org

2.      Rottweiler
Jenis anjing yang terkenal akan keganasan dan keagresifannya. Seringkali diceritakan bahwa penjahat manapun tidak akan berani berhadapan dengan anjing ini. Meskipun memiliki fisik yang tidak terlalu besar namun keberanian Rottweiler tidak dapat diremehkan. Hal ini dikarenakan hanya dengan gigitan sederhana saja mampu menjatuhkan seorang manusia.
Rottweiler
source: wikimedia commons 

3.      Doberman Pinscher
Jenis anjing yang banyak ditemukan di Amerika Serikat. Ciri fisik utamanya adalah seperti tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Anjing ini juga memiliki tubuh yang cukup ramping dan tidak terlalu berat, sehingga menjadikan Doberman Pinscher sebagai anjing yang dapat berlari dengan cepat. Kecepatannya membantu tugas polisi dalam mengejar para penjahat. Rahang yang kuat membuatnya tidak akan melepaskan gigitannya sampai penjahat benar-benar terjatuh.
Doberman Pinscher
source: wikimedia commons 

4.      Labrador Retriever
Memiliki wajah yang lucu tak menghalangi jenis anjing ini masuk daftar anjing yang sering digunakan membantu tugas polisi. Anjing jenis ini dapat menjadi hewan peliharaan yang sangat baik dan memiliki hubungan yang dekat dengan pemiliknya. Tugas utama dari anjing ini cukup berat yakni untuk mendeteksi bom dan narkoba. Dengan pendengar dan daya pencium yang baik, Labrador Retriever siap untuk terjun ke pekerjaan yang menghela napas.
Image result for labrador retriever
Labrador
source: wikimedia commons
5.      Belgia Malinois
Memiliki ciri fisik seperti tubuh ramping, dan lebih kecil dari yang lain. Jenis anjing ini adalah salah satu juga yang sering digunakan kepolisian dalam tugas-tugas lapangan. Sifat anjing ini yang aktif dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kebakaran, narkoba, bahkan mencium keberadaan orang yang menjadi korban perdagangan manusia. Semua kemampuan tersebut dapat mereka dapatkan dengan catatan: telah melewati pelatihan special.
Image result for belgian malinois
Belgian Malinois
source: Pexels
6.      Giant Schnauzer
Memiliki sifat dominan, loyal, dan juga aktif, Anjing jenis ini memiliki kekuatan yang sangat diperlukan untuk membantu tugas polisi dalam memberantas kriminalitas. Sayangnya, anjing jenis ini memerlukan pelatihan ekstra untuk bisa dijadikan anjing peliharaan maupun anjing polisi.
Uniknya, anjing ini memiliki kepribadian yang tenang namun akan menyalak apabila merasa dirinya terancam. Jenis anjing ini memiliki ciri fisik dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari Brawniest tapi lebih kecil dari Schnauzer lainnya.
Giant Schnauzer
source: wikimedia commons


7.      Boxer
Memiliki fisik tubuh yang tidak besar namun dibekali dengan otot yang padat dan rahang yang kuat untuk menggigit siapapun yang dianggapnya menggangu. Boxer adalah jenis anjing hasil campuran dari anjing jenis English Bulldog dengan Bullenbeisser. Jenis anjing ini mudah untuk dilatih sehingga dapat menjadikannya efektif untuk banyak situasi. Memiliki sifat aktif, mudah diajak bermain, tenang, dan protektif, Jenis anjing ini bisa dijadikan sahabat polisi ataupun hewan peliharaan.
Image result for boxer dog
Anjing Boxer
source: LibreShot
8.      Great Dane
Anjing jenis Great Dane memiliki ciri-ciri bertubuh tinggi, dapat berlari dengan cepat, pintar, loyal, dan aktif. Jenis ini juga merupakan anjing pembantu polisi yang patuh akan perintah pelatih dengan cepat, petarung yang kuat, namun memiliki sifat agresif yakni cepat marah. Namun, Great Dane ini ternyata terkenal sangat akrab dengan anak kecil. Meskipun memiliki sifat yang cenderung agresif, Great Dane tidak akan menyerang anjing lain jika dirinya dilatih dengan benar dan tentu saja jiika tidak terprovokasi.
Great Dane
source: Wikipedia


9.      Bullmastiff
Bullmastiff memiliki fisik yang kuat, sifat protektif, keberanian tinggi, dan loyalitas tinggi. Anjing jenis ini memiliki insting yang kuat. Dia dapat menggunakan tubuhnya untuk mengetahui orang yang masuk sembarangan kedalam wilayah penjagaannya. Terkesan galak dan agresif, namun bullmastiff adalah jenis anjing yang bisa dijadikan hewan peliharaan yang jinak.
Image result for bullmastiff
Bullmastif
source: wikimedia commons
10.   Staffordshire Terrier
Anjing jenis ini dibesarkan sebagai anjing penjaga dan alat petarung. Meskipun bisa dijadikan anjing pembantu polisi, namun sifat agresif dan protektifnya tidak bisa dilatih dengan mudah. Butuh waktu dan kesabaran yang cukup lama untuk bisa membuat anjing ini menjadi anjing penjaga yang sempurna.

American Staffordshire Terrier
source: wikimedia commons


Tugas dari Anjing Polisi

Anjing polisi memiliki tugas, seperti
1.      Menjaga perbatasan
2.      Melacak orang
3.      Mengejar penjahat
4.      Melacak bom
5.      Memberi peringatan
6.      Mencegah dan menghalangi
7.      Menyerang
8.      Menahan

Metode Pelatihan Anjing Polisi

Metode pelatihan anjing polisi yaitu
1.      Metode pengenalan bau manusia
2.      Metode jejak lurus
3.      Metode Letter-U, letter-L, letter-M

Mengenal Pendidikan Anjing Polisi

Pendidikan/pelatihan yang dibutuhkan oleh setiap jenis anjing berbeda-beda semua itu dipengaruhi oleh tempramen dan tentu saja watak dasar dari sang anjing. Namun, rata-rata waktu pelatihan yang dibutuhkan seperti dalam pelatihan untuk anjing pelacak adalah sekitar 3 bulan dan pendidikan untuk anjingnya sendiri sekitar 9 bulan. Anjing dinilai lebih efektif dalam membantu tugas kepolisian sebab anjing tidak pernah berbohong, patuh, meminimalisir kerusakan pada alat pendeteksi.

 Kesimpulan

Anjing pembantu polisi memerlukan pelatihan ekstra untuk jenis anjing yang agresif. Meskipun terkenal akan kegalakannya namun anjing terkenal akan keloyalan dan sikap jujur yang sangat berguna dalam memecahkan kasus maupun membantu tugas polisi untuk menangkap kriminal di lapangan luar. Selain itu juga ada beberapa jenis anjing polisi yang bisa dijadikan sebagai anjing peliharaan sebab jika dilatih dengan benar anjing-anjing yang biasa digunakan polisi akan sangat berguna dan tidak akan menimbulkan permasalahan. Kecepatan yang dimiliki oleh manusia jauh beda dengan kekuatan anjing. Itulah sebabnya ajing polisi juga dapat membantu dalam menangkap kriminal yang kabur.

Referensi:



1 comment:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib