Apakah sobat detektif tertarik
dengan sesuatu yang berbau komputer, elektronik, dan sejenisnya? Jika demikian,
maka kalian harus mencoba untuk mengakses file-file yang ada di Gentoomen
Library. Gentoomen Library bukan nama tempat melainkan nama kumpulan buku-buku
elektronik yang berisi pengetahuan komputer, elektronik, dan sejenisnya yang
dikumpulkan oleh tim Gentoomen Library.
Untuk siapa saja yang berjasa
mengumpulkan semua file yang ada dalam Gentoomen Library sendiri penulis juga belum
melakukan pencarian. Pada tahun ini bulan Desember, ukuran dari Gentoomen
Library sendiri sudah mencapai 32.7 GB yang mayoritas filenya berekstensi (.pdf).
bisa dibayangkan berapa banyak e-book
yang terdapat didalamnya. Untuk buku yang membahas mengenai sihir sendiri
penulis tak bisa menemukannya di dalam kumpulan file yang telah penulis unduh,
meskipun tertulis “wizardy”, yang
artinya sihir, di homepage Gentoomen Library. Berikutnya, kita akan membahas sedikit
mengenai konten-konten dari Gentoomen Library ini.
Gentoomen Library source: g.sicp.me |
Untuk mendowloadnya, sobat
detektif harus menggunakan pendownload torrent. Berikut adalah link ke homepage
utama mereka -> https://g.sicp.me/books/
Jika kalian familiar dengan
penggunaan torrent, berikut adalah magnet link nya-> magnet
link
NB: terdapat bug yang dapat membuat
download gagal sehingga kalian harus mendisabe download beberapa file. Untuk file
apa saja yang dimaksud bisa dilihat di homepage Gentoomen Library.
Konten Gentoomen Library
Penulis akan membahas kontennya
berdasarkan folder yang ada pada direktori utama saja secara rinci, sedangkan
untuk subfolder di dalmnya akan penulis jelaskan secara garis besar saja.
Algorithms, seperti nama folder tersebut, bagian ini berisi
pengenalan tentang algoritma, desain algoritma, serta pengenalan algoritma dalam
beberapa bahasa pemrograman seperti C dan Pascal. Selain itu, bagian ini juga
memuat algoritma dalam dara mining dan pengetahuan tentang struktur data.
Animation, tentu saja bagian ini berisi tentag pembuatan animasi
dengan menggunakan beberapa software seperti salah satunya 3D Studio Max 5. Bagian
ini juga membahas mekanisme animasi, stop motion dan lain sebagainya.
Artificial Intelligence, sudah jelas dari judulnya bahwa bagian ini
memuat pengetahuan tentang kecerdasan buatan. Isinya lebih ke teori dan terapan
kecerdasan buatan, seperti: Bayesian Network, Sistem Fuzzy, Mahine Learning,
Neural Network, Swarm Intelligence, dan sejenisnya.
Computational Linguistics, bagian ini memuat beberapa pengetahuan
tentang computational linguistic, atau salah satu bidang yang mengkaji pemodelan
bahasa alami dengan statistika dan berbasis aturan dari sudut pandang
komputasi. Bahasa alami sendiri adalah bahasa yang diucapkan, ditulis, atau
diisyaratkan. Di dalamnya sendiri terdapat beberapa bagian seperti, machine
learning, semantics, psycholinguistics, serta teori Syntatic.
Computer Acrhitecture, bukan arsitek untuk menggambar rumah, namun
arsitektur komputer. Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Dengan kata lain, kita akan
belajar mengenai komputer dengan memandang komputer tersebut sebagai sebuah
bagian-bagian sistematis.
Computer Graphics, bagian ini membahas pemrograman dan struktur
fundamental dari grafika komputer, termasuk peggunaan dan programming dengan
Open GL.
Computer History, dari Namanya sudah jelas bahwa bagian ini berisi
sejarah komputer. Bagian ini memuat sejarah Apple, Nintendo hingga Atari. Didalamnya
juga terdapat sejarah lengkap mengenai video games.
Cryptography, tentu saja bagian ini memuat tentang teori
kriptografi. Mulai dari kriprotgrafi terapan, hingga kriptogragi kontemporer.
Bagian ini juga memuat tentang analisis kompleksitas kriptografi hingga
kriptoanalisis militer.
Data Analysis, bagian ini membahas mengenai analisis data. Mirip-mirip
dengan statistika, namun bedanya di dalam analisis data terdapat
langkah-langkah dalam membuat keputusan atau decision making.
Data mining, bagian ini berisi tentang data mining yang merupakan
serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini
tak diketahui secara manual dari suatu database. Caranya adalah dengan menggali
pola-pola dari data yang ada dengan tujuan memanipulasi data menjadi informasi
yang lebih berharga dari proses tadi.
Data Structures, pada bagian ini berisi tentang strukur data yang
biasanya dibarengi dengan algoritma. Struktur data adalah cara mentimpan atau merepresentasikan
data di dalam komputer agar bisa dipakai secara efisien.
Databases, seperti namanya, bagian ini berisi tentang basis data
atau database. Isinya bermacam mulai dari teori dan konsep dasar hingga
membahas mengenai beberapa platform database seperti mssql, oracle, ms access,
dan sejenisnya.
Digital Design, maksud dari digital design disini bukan ke
penggunaan software desain melainkan lebih ke desain elektronik, sehingga
didalamnya kalian akan menemukan materi tentang VHDL atau VHSIC Hardware Description
Language.
DSP-Collection, bagian ini merupakan kumpulan file yang membahas
mengenai Digital Signal Processing atau pemrosesan sinyal digital. Yang dimaksud
dengan sinyal itu sendiri adalah serangkaian angka yang merepresentasikan
sampel atau variable kontinyu dalam sebuah domain waktu, ruang, ataupun
frekuensi.
Electronics, pada bagian ini, tentu kita bisa menebak isinya, yakni
elektronika. Isinya tentu saja seperti Elektronika analog dan digital, sirkuit,
matematika Teknik dasar, dan sejeninya.
Extra, terdapat bagian ekstra di dalam Gentoomen Library. Isinya tidak
lebih dari konten-konten tambahan yang terlalu sedikit atau tidak masuk ke
kategori lain. Namun yang menarik didalam bagian ini terdapat 330 Top Secret Restaurant Recipes
yang tak ada hubungan nya dengan materi lain. Sungguh aneh.
Game Development, pada
bagian ini berisi tentang materi pendesainan game. Materi tersebut mulai dari
teori dan konsep dasar game, hingga penggunaan unity dan maya. Terdapat sub
bagian desain dan programming juga didalamnya. Bagian desain berisi tentang
penggunaan software desain semacam 3ds max, hingga Software keluarga Adobe,
sedangkan bagian programming akan membahas mengenai engine game, AI dari game, serta geometri.
Information Retrieval, bagian
ini berisi tentang teori mengenai pengekstrakan informasi, baik struktur data
dan algoritmanya, hingga sistem retrieval. Bagian ini juga memuat mengenai
Multimedia Information Storage serta Interactive Information Retrieval.
Information Theory,
Tentu saja bagian ini memuat mengenai teori-teori mengenai informasi itu
sendiri. Informasi merupakan data yang telah diproses, sehingga isi bagian ini terbagi
menjadi 3 bagian, dari teori coding, compression, dan tentu saja bagian
utamanya, information theory. Selain itu terdapat pula mathematical theory sebagai
pelengkap bagian ini.
Maths, setelah dengar namanya, tentu kita tahu bagian ini isinya
apa. Namun, pengetahuan matematika di bagian ini lebih mengarah ke dunia IT,
sehingga kontennya seperti: aljabar, kalkulus, aritmatika komputer, geometri,
statistika, trigonometri, dan matematika diskrit.
Misc, bagian ini berisi tentang miscellaneous
atau “lain-lain”. Materi disini berkisar tentang berbagai macam pengetahuan.
Ada Excel, Google, photoshop, powerpoint, dsb.
Networking, Seperti namanya, bagian ini membahas semua tentang
jaringan komputer, mulai dari perangkat kerasnya, hingga ke perangkat lunak
pengoperasiannya. Selai itu, didalamnya juga terdapat materi web seperti PHP &
MySQL, serta CSS & HTML.
Operating Systems,
Bagian ini berisi materi tentang sistem operasi komputer, mulai dari windows
hingga linux. Yang dibahas disini lebih ke operasional, serta teori dasar dari
operasi sistem yang akan dibahas.
Programming, merupakan salah satu bagian utama dari Gentoomen
Library, bagian ini memuat berbagai macam pengetahuan dari puluhan bahasa
pemrograman dari A sampai Z. selai itu, didalamya juga terdapat materi mengenai
compiler bahasa pemgrograman.
Security, bagian ini memuat materi mengenai keamanan komputer. Namun,
seperti biasanya didalamnya terdapat materi-materi “hacking” dari A-Z, seperti pada bagian programming. Bagian ini
memuat teori dasar dan konsep dari keamanan komputer ditambah materi dari
HackerMonthly.
Software Engineering, biasa
juga disebut dengan Rekayasa Perangkat Lunak, bagian ini berisi teori tentang
langkah dan konsep pembuatan sebuah software. Didalamnya juga terdapt materi
tentang design pattern, development, serta Object
Oriented Programming (OOP).
The Actually Useful Programming Library, sesuai namanya,
didalalmnnya membahas mengenai beberapa library programming yang “berguna”
menurut para tim Gentoomen library. Didalamnya dibagi lagi menjadi beberapa
subbagian yang terdiri dari nama librarynya langsung ataupun platform yang
dituju. Dalam sub bagian tersebut berisi materi e-book yang penulis rasa cukup
lengkap.
Theory of Computation, bagian ini berisi teori komputasi atau penghitungan.
Materi didalamnya mulai dari pengenalan, elemen, hingga konsep kompleksitas
dari komputasi tersebut.
Penutup
Penulis rasa, Gentoomen Library
merupakan salah satu referensi lengkap yang bisa digunakan oleh sobat detektif
semua terutama jika kalian melakukan studi di bidang seperti computer science
ataupun yang sejenisnya. Namun, jika kalian hanya ingin mendownload karena penasaran,
juga tidak apa-apa. Meski begitu materi yang terdapat dalam e-book yang ada di Gentoomen Library
merupakan materi yang berat dan susah dicerna, sehingga jika kalian orang awam
mungkin mengalami sedikit kesulitan memahaminya di awal.
Nice info makasih yah kak
ReplyDeletejual selongsong sosis