Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Pada Entri Istilah dan Komponen Senjata kita sudah membahas mengenai beberapa istilah dan komponen pada sebuah senjata. Istilah dan komponen tersebut sudah diilustrasikan menggunakan senjata dengan golongan pistol. Pada kesempatan ini, Investigamin akan membahas mengenai anatomi dan komposisi pada beberapa senjata. Secara harafiah, komposisi bisa berarti tatanan atau susunan. Tentu saja berdasarkan golongannya, komposisi sebuah senjata tidaklah sama dan bahkan ada beberapa komponen yang berfungsi sebagai sebuah substitusi atau pengganti, serta sebagai komplemen atau pelengkap.

Isi dari artikel ini hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Jika para Obserfans sudah pernah membaca Entri Jenis Senjata Api, maka pada kesempatan ini kita akan membahas seperti apa komponen dan anatomi dari beberapa jenis senjata api yang sudah dipaparkan. Selain membahas anatomi yang terdapat pada senjata tersebut, Investigamin juga akan turut membahas mengenai beberapa komponen pada senjata tersebut yang mungkin tidak terdapat pada semua senjata.

Revolver

Senjata pertama yang akan kita bahas adalah salah satu jenis handgun yaitu revolver. Prinsip senjata ini sudah mulai muncul pada abad ke-17. Meski begitu, prinsip tersebut baru sukses dikembangkan dan dipatenkan oleh Samuel Colt pada tahun 1835. Salah satu ciri khas dari revolver adalah adanya sebuah silinder sebagai penampung peluru yang terus berputar (revolving). Selain itu, revolver memiliki hammer yang dapat ditarik dengan ibu jari.

Anatomi Revolver
source: Jurnal Detektif

Pistol Semi-otomatis

Berbeda dengan revolver yang menggunakan silinder, kebanyakan pistol yang sering kita lihat menggunakan magazine sebagai tempat penampung pelurunya. Selain itu, mekanisme nya sudah semi-otomatis. Karena komponen nya yang cukup banyak, tidak heran bahwa kebanyakan pistol memiliki disassembly lever, yaitu tuas untuk mempreteli bagian-bagian nya untuk keperluan reparasi atau pembersihan.
Anatomi Pistol Semi-otomatis
source: Jurnal Detektif

Senapan Serbu (Assault Rifle)

Perkembangan pada dunia militer berikutnya adalah senjata otomatis penuh. Seperti yang pernah Investigamin bahas pada Entri Perbedaan Senapan Otomatis dan Semi-Otomatis, perbedaannya cukup jelas. Senapan semi-ototmatis hanya menembakan satu peluru pada satu kali tekan sedangkan senapan otomatis dapat menembakan beberapa peluru sekaligus dalam sekali tekan. Meskipun terlihat jelas, perbedaan "kecil" tersebut membuthkan beberapa mekanisme tertentu dan menghaurskan sebuah senjata memiliki beberapa fitur tambahan. Investigamin sudah merangkum sedikit penjelasan untuk beberapa fitur tambahan tersebut. Mari kita perhatikan assault rifle yang cukup terkenal di seantero dunia berikut ini, senapan kalashnikov.

Anatomi Senapan Serbu Kalashnikov (AK-47)
source:Jurnal Detektif

Gas Block

Kebanyakan senapan otomatis (fully automatic) beroperasi dengan menggunakan gas hasil tembakan peluru untuk mengkokang kembali senapan tersebut sehingga dapat menambakan peluru terus menerus dalam sekali tekan pelatuk. Pada senjata, gas block dapat berfungsi untuk mengatur seberapa banyak gas akan kembali ke dalam senjata untuk mengkokang ulang senjata tersebut. 

Selector Switch

Komponen ini berfungsi untuk mengganti mode tembakan. Selain mode semi-otomatis, pada senapan serbu memungkinkan untuk dapat mengubah mode tembakan menjadi otomatis penuh. mekanisme nya cukup rumit maka dari itu silahkan Obserfans yang penasaran bisa langsung mencari sendiri di internet atau referensi di bawah. Selain sebagai pergantian mode, selector switch juga berfungsi sebagai safety lock dari senapan serbu. total terdapat 3 mode: safe, aman; semi-otomatis, menembakan 1 peluru; dan otomatis, yang dapat menembakkan sekitar 700 peluru per menit.

Charging Handle

Senapa serbu tidak memiliki slide seperti pistol, sehingga salah satu cara untuk melakukan fungsi seperti memindahkan peluru dari magazine ke chamber secara manual dibantu oleh charging handle.

Unjam Rod

Komponen ini sebenarnya hanyalah komponen tambahan, namun fungsi nya cukup penting, yaitu untuk membantu pemakai ketika senjatanya macet. Seperti namanya, bentuk komponen ini seperti sebuah tongkat kecil. Tongkat ini tentu saja tidak sama tiap beberapa jenis senjata.

Flash Hider

Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menghilangkan efek nyala tembakan pada ujung laras. kelihatannya cukup sepele, namun dampak yang ditimbulkan sangat besar. Dengan flash hider, posisi penembak akan sulit diketahui karena musuh tidak dapat melihat nyala tembakan. Tentu saja hal tersebut dapat sangat berguna untuk pertempuran gerilya ataupun pertempuran di malam hari.

Senapan Gentel (Shotgun)

Perbedaan mendasar antara shotgun dan senapan lainnya adalah dari pelurunya. Peluru shotgun berbentuk silinder dan didalamnya berisi butiran peluru bulat kecil. Sebenarnya, anatomi dari shotgun ini sendiri sama seperti anatomi senapan pada umumnya. Selain itu, jenis shotgun juga mempengaruhi anatomi dari senjata itu sendiri. Ambil contoh antara double-barrel shotgun dan pump action shotgun dimana jumlah barrelnya saja sudah berbeda. Dibawah ini Investigamin sajikan anatomi dari sebuah pump action shotgun yang sudah sering kita lihat di film ataupun dunia nyata.

Anatomi Pump Action Shotgun
source: Jurnal Detektif



Biasnya, shotgun pump tidak memiliki grip dan hanya memiliki stock. Selain itu, pada model shotgun ini peluru dimasukan satu persatu melalui magazine feed port. Pengguna dapat menggunakan pump untuk mindahkan peluru menuju ke receiver.

Penutup

Perlu diingat bahwa setiap senjata tentu memiliki mekanisme yang berbeda-beda tergantung pembuatnya. Maka dari itu, anatomi diatas tidak dapat diaplikasikan ke semua senjata karena tentu saja terdapat beberapa komposisi yang berbeda penempatannya. Meskipun begitu, tentu saja setiap senjata api yang kita kenal memiliki komponen yang penting dan utama. Salah satu yang perlu kita ingat adalah letak tuas keamanan (safety) dan posisinya. Pengetahuan prakits tersebut tentu dapat sangat berguna bagi seseorang kedepannya. Salam Detektif!



references:
https://gundigest.com/rifles/ar-15/ar-basics-mastering-the-nuances-of-charging-handle-and-bolt-release
https://guns.fandom.com/wiki/Gas_operation
https://www.unodc.org/e4j/en/firearms/module-2/key-issues/firearms-parts-and-components.html
https://www.britannica.com/technology/revolver
https://www.handgunsafetycourse.com/handgun/studyGuide/Basic-Parts-of-a-Handgun/601099_700077851/
https://www.youtube.com/watch?v=WtGZBL5BmZE

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib