Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

-updated on December 2018

Peluru merupakan bagian penting dalam senjata api. pada kesempatan kali ini, jurnaldetektif akan membahas topik kategori weaponry, yakni mengenai peluru senjata api. Untuk kepentingan terminologi, yang dimaksud peluru disini bisa berarti ganda, bullets dalam bahasa Inggris berarti proyektil di ujungnya, sedangkan keseluruhan peluru itu sendiri disebut catridges


Meskipun kita tahu bahwa di indonesia kepemilikan senjata api dibatasi, namun tidak ada salahnya jika kita mempelajari seperti apa peluru-peluru yang mungkin digunakan. Seorang detektif tentu saja harus mengenali senjata pembunuh seperti apa yang mungkin dipakai oleh pelaku kejahatan. Sayangnya, ada puluhan atau ratusan jenis senjata api yang mungkin bisa digunakan oleh sang pelaku. Lalu bagaimana cara kita mengidentifikasi senjata yang digunakan?

Kenyataanya, peluru atau catridges dari berbagai macam senjata api tersebut tidaklah sama sehingga sangat mungkin bagi para ahli forensik untuk menentukan senjata api dari casing peluru  ataupun tanda lain yang mungkin ditemukan di TKP. Meski begitu tentu saja dibutuhkan keahlian untuk mengenali peluru tersebut karena beberapa jenis peluru memiliki tampilan catridges yang relatif sama.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas mengenai bagian dari peluru itu sendiri, melainkan kita akan membahas mengenai berbagai macam jenis peluru yang digunakan oleh senjata api. Peluru-peluru tersebut bisa merupakan peluru rifle (senapan serbu,dll) ataupun handgun (pistol atau revolver).  Sobat detektif bisa melihat gambar perbandingan dari jenis-jenis peluru yang ada di bawah ini.

Jika kalian ingin melihat tentang apa saja jenis senjata api yang ada atau pernah digunakan oleh manusia, kalian bisa melihatnya di artikel yang sudah dirangkum di Tipe-Tipe Senjata Api.

Sejarah penamaan

Mungkin sobat detektif melihat bahwa nama peluru menggunakan "." (titik) sebelum sebuah angka, misal .22 long rifle. ".22" menunjukkan ukuran peluru atau kaliber pelurunya. Kaliber sendiri dilihat dari diameter atau garis tengah peluru, atau dari diameter dalam lorong laras senapan.

Sebelum dinamai berdasarkan diameternya, pada awalnya catridges atau peluru dinamai dari dimensi chamber-nya, chamber adalah tempat dimana peluru ditampung sebelum ditembakkan.

Pada peluru shotgun terdapat tulisan "ga", misalnya 12ga 00 Buckshot. Yang dimaksudkan dengan "ga" adalah kependekan dari gauge. Jadi, gauge adalah unit yang mengukur diameter dalam laras senapan. gauge biasa dikaitkan dengan shotgun, meskipun dahulu sering digunakan untuk senjata "double rifle". Gauge identik dengan shotgun karena menentukan diameter larasnya. Ukuran gauge didapatkan  dari invers berat bola timah dalam pound (sekitar 0.4 Kg) yang bisa masuk kedalam laras semapan. semisal peluru shotgun 12ga, itu berarti diperuntukkan shotgun dengan diameter laras yang sama dengan diameter bola timah nya yaitu 1/12 pound. Kesimpulannya, semakin besar gauge nya semakin kecil diameter laras nya.

Senjata  Pilihan

Sekedar informasi, Kepolisian Republik Indonesia menggunakan senjata jenis revolver dan jenis pistol Glock buatan austria yang berisi 15 butir peluru dengan kaliber 9mm. Peluru 9x19mm Parabellum tersebut bisa kalian cek di gambar kedua nomor 26. Untuk senapan serbu yang digunakan adalah pindad SS1 dan SS2 yang menggunakan peluru 5.56x45mm NATO.  sobat detektif bisa lihat pada gambar 1 nomor 16. M855 adalah salah satu dari  jenis desain peluru ini.

Jenis Peluru berdasar metode pengapian (ignition methods)

Metode pengapian yang dimaksudkan dalam konteks ini adalah bagaimana cara proyektil (bullets) diluncurkan. pada peluru modern, bagian yang bertugas menginisiasi peluncuran proyektil disebut dengan primer. Primer biasanya terbuat dari bahan kimia tertentu dan sejenisnya. primer berikutnya akan diaktifkan menggunakan hammer sebuah senjata api. Terdapat 2 jenis peluru berdasarkan metode pengapiannya yaitu rimfire dan centerfire. perbedaannya gampang saja, rimfire memiliki primer yang ada di pinggir atau rim sedangkan centerfire memiliki primer di tengah peluru. berikut adalah ilustrasi sederhananya.
Perbedaan Rimfire dan Centerfire
source: wikipedia
Seperti yang terlihat pada gambar, centerfire masih ada jenisnya lagi, yakni Centerfire Boxer Primer dan Centerfire Berdan Primer. perbeadaan dari keduanya adalah dari bentuk primernya. Untuk detailnya sendiri penulis belum bisa menemukan sumber yang bisa menjadi referensi. Silahkan berkomentar jika kalian mengetahui detailnya.

Jenis Peluru Berdasarkan Catridges 

Peluru bisa digolongkan menjadi banyak macam tergantung dari aspek tertentu. Pada bagian ini kita akan membahas perbandingan peluru berdasarkan ukuran catridges nya. Peluru yang akan ditampilkan adalah dari senjata ber-rifle, handgun, hingga shotgun. untuk kejelasan yang lebih lengkap bisa sobat lihat sendiri gambar di bawah ini.

Kalian bisa mengklik gambar untuk memperbesar!

Perbandingan catridges rifle
sumber: http://themillermeister.blogspot.co.id/2012/05/ammo.html

Perbandingan catridges handgun
sumber: http://themillermeister.blogspot.co.id/2012/05/ammo.html
Jenis catridges shotguns
umber: http://themillermeister.blogspot.co.id/2012/05/ammo.html






























Sekiaan postingan mengenai jenis peluru senjata api kali ini. di kesempatan yang lain mungkin kita akan membahas jenis peluru berdasarkan hal yang lain lagi. Salam detektif!

Reference:
https://en.wikipedia.org/wiki/Gauge_(bore_diameter)
https://en.wikipedia.org/wiki/5.56%C3%9745mm_NATO#SS109.2FM855
https://en.wikipedia.org/wiki/Pindad_SS2
https://www.pewpewtactical.com/bullet-sizes-calibers-and-types/





3 comments:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib