Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Senjata api modern mungkin dapat dikatakan sebagai sebuah revolusi terbesar dalam dunia militer dan keamanan. Meskipun begitu, tentu saja kita mengerti dibalik sebuah kekuatan yang besar tentu membutuhkan tanggung jawab yang besar pula. Tidak heran, sebagian besar negara di dunia melarang atau membatasi dengan ketat kepemilikan senjata api bagi warga sipil. bagi para Obserfans yang berasal dari negara-negara tersebut tentu menjadi sangat tidak familiar dengan struktur ataupun bagian utama dari senjata api. Maka dari itu, Investigamin akan memberikan kalian sedikit gambaran singkat mengenai istilah serta anatomi senjata api, jika sewaktu-waktu terjadi keadaan yang mendesak. Tentu saja, karena sebagai seorang detektif-wannabe harus selalu waspada bukan?

Ilustrasi Sebuah Pistol
source: Jason Gillman from Pixabay 

Bagian dan Istilah pada Senapan

Tentu saja setiap senjata api memiliki bentuk dan desain yang berbeda tergantung oleh manufaktur nya. Selain itu, action yang digunakan oleh senjata tersebut turut menentukan komponen yang ada pada senjata tersebut. Maka dari itu, Investigamin akan membahas beberapa istilah dan bagian yang pasti terdapat pada sebuah senjata api, yang pada kesempatan ini akan kita sebut sebagai "komponen utama". Pada kesempatan kali ini, Investigamin akan menggunakan pistol sebagai salah satu pembantu ilustrasi artikel ini

Beberapa istilah mungkin sudah dapat kalian pahami fungsinya hanya dengan mendengarnya saja. Namun ada beberapa lagi yang mungkin sedikit abstrak. Menurut Investigamin, beberapa komponen utama yang terdapat dalam sebuah senjata api adalah sebagai berikut:
  • Frame
  • Barrel
  • Slide
  • Magazine
Lalu bukan berarti komponen lain bukanlah komponen utama dari sebuah senjata api. Komponen lain sama pentingnya dengan komponen utama. Lebih tepatnya, mereka sebagai pendukung fungsi kerja dari komponen yang disebutkan diatas.

Selanjutnya mari kita bahas beberapa istilah yang terdapat dalam sebuah senjata api.

Bagian Senjata Api Pistol
source: pinterset

Sangat banyak sekali komponen yang ditandai pada gambar diatas ini. Berikut ini Investigamin akan jabarkan beberapa istilah yang paling sering Obserfans dengar sehari-hari beserta dengan sedikit kegunaannya. Mungkin beberapa tidak ada pada gambar diatas nanti.

  • Barrel: Barrel menjadi salah satu komponen utama senjata api berupa tabung panjang sebagai lintasaan proyektil. Biasanya terbuat dari material kuat karena tekanan dan gaya yang kuat dari tembakan pistol. Barrel seringkali diberi rifling untuk meningkatkan akurasi.

  • Chamber: Dapat berupa bagian dari Barrel atau perpanjangan dari Barrel. Berfungsi sebagai tempat peluru sebelum ditembakkan.

  • Front Sight: Merupakan tonjolan pada moncong senjata yang berfungsi untuk membidik. front sight dan rear sight harus di sejajarkan agar tembakan akurat.

  • Ejection Port: Adalah sebuah lubang yang digunakan untuk membuang selongsong peluru yang telah ditembakan

  • Rear Sight: Mirip dengan Front Sight, Rear Sight berguna untuk membantu pembidikan. Biasanya, model pembidik belakang ini lebih modern.

  • Slide: Bagian senjata ini merupakan penutup bagian atas dari sebuah pistol yang bisa digerakan untuk ditarik ke belakang. Slide terbuat dari logam untuk menahan kekuatan yang terjadi ketika pistol ditembakan. Bagian ini berfungsi untuk mengkokang senjata dan membuang selongsong peluru kosong.

  • Slide Lock: Seperti namanya, bagian ini berfugnsi untuk mengunci Slide ke belakang. Bagian ini berfungsi untuk mengecek kosong atau tidak nya Chamber (liat di gambar) ataupun untuk memperbaiki peluru yang terselip di Chamber. Slide Lock juga akan bekerja ketika sebuah senapan semi-otomatis sudah habis seluruh pelurunya sebagai penanda bahwa magazin dan chamber sudah kosong.

  • Grip: Grip adalah istilah untuk pegangan senjata dan pada pistol berfungsi sebagai wadah Magazine.

  • Magazine Box: Tentunya kita sangat sering mendengar istilah ini. Magazine Box atau biasa disebut sebagai "Magazine" saja adalah sebutan untuk tempat yang menampung amunisi dan berfungsi juga agar peluru tersebut bisa masuk ke Barrel dengan baik dan tepat.

  • Magazine Spring: Seperti namanya, bagian ini berupa per atau spring yang berfungsi untuk mendorong Magazine naik dan turun.

  • Magazine Release: Ini adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk melepaskan Magazine dari Grip pada pistol.

  • Trigger: Disebut sebagai pelatuk pada bahasa Indonesia. Tentu saja fungsi nya adalah untuk menembakan peluru sesuai dengan action dan mekanisme nya. Untuk memahami "action", bisa dicek di Postingan tentang Senjata Semi-Otomatis dan untuk "mekanisme" bisa dicek di Sejarah Mekanisme Penembakan.

  • Take-Down Lever: Terkadang disebut Disassembly Lever. Biasanya berbentuk seperti tuas atau switch, Take-Down Lever berfungsi untuk pembongkaran senjata ketika komponen senjata ada yang perlu dibersihkan atau diperbaiki.

  • Accessories Rail: Pada beberapa senjata, bagian ini berfungsi untuk mencantelkan aksesoris seperti pembidik scope juga mungkin laser sight atau senter.

  • Muzzle: Bagian ini merupakan bagian ujung Barrel yaitu sebagi tempat keluarnya peluru. Bagian ini tentu saja dapat menjadi tempat sebagai peredam suara (silencer) atau suppressor.
Mungkin masih ada beberapa bagian senjata lain yang belum disebutkan pada daftar diatas ini. Kalian bisa menambahkannya di kolom komentar. 

Penutup

Beberapa bagian senjata api juga bervariasi tergantung tipe senjata mereka. Misalnya adalah senjata api bertipe Revolver. Penyimpanan peluru tidak menggunakan magazine box, melainkan menggunakan silinder yang dapat berputar sehingga disebut sebagai "revolver". Maka dari itu, tunggu artikel selanjutnya dari investigamin yang akan membahas mengenai anatomi beberapa tipe senjata api senjata api. Salam Detektif!

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib