Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Senjata api merupakan senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong oleh gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan (id.wikipedia.com). propelan yang dimaksud bisa berupa bubuk nirasap, cordite, ataupun yang lainnya. Penting bagi seorang detektif untuk mengetahui jenis senjata apa yang dipakai oleh pelaku, agar bisa mengetahui latar belakang sang pelaku itu sendiri.


Misalkan saja ada kasus dimana seseorang mati karena ditembak, dan ketika dilakukan otopsi ditemukan jenis peluru rifle. Kita bisa berasumsi bahwa penyebab si pelaku menggunakan rifle adalah karena dia memiliki senapan berburu. Dengan kata lain, mungkin saja dia tinggal di tepi hutan atau memiliki hobi berburu. Kalian bisa melihat jenis-jenis peluru di artikel: Jenis Peluru Senjata Api

Baik, sekarang kita kita akan kembali ke topik utama kita yakni jenis atau tipe-tipe senjata api. Di Inggris (UK), the Firearms Act 1968 menjelaskan bahwa ada 4 tipe utama senjata yang diatur: Senjata api, shotguns, Senjata terlarang, dan senjata udara.

  • S1 - Senjata api (firearms)

Berisi berbagai macam senjata api, termasuk bolt-action dan straight pull rifles.

  • S2 – Shotguns / Senapan Gotri

Shotgun merupakan senjata dengan panjang laras 24 inch. dan lebarnya 2 inch. Shotguns tak memiliki tempat peluru (magazine) permanen yang bisa menampung lebih dari dua (catrdiges) peluru.

  • S5 – Senjata Terlarang

Hollow point bullets
Senjata terlarang merupakan: senjata api yang dimodifikasi atau disembunyikan menjadi objek lain, roket, amunisi yang tak dikategorikan sebelumnya, amunisi dan senjata militer, beberapa senapan mesin, dan expanding ammunition atau peluru yang bisa melebar untuk menambah kerusakan seperti hollow point bullets.

  • Senjata udara

Yang dimaksud senjata udara bukanlah senjata yang ditembakkan ke udara seperi AA atau anti air, namun airsoft gun. Senjata ini menggunakan udara bertekanan tinggi yang sudah dipompa sebelumnya untuk mendorong proyektil keluar.

Sekarang, kita akan membahas lebih dalam mengenai senjata-senjata tersebut menurut www.militaryfactory.com, dimana senjata api digolongkan menjadi 11 bagian berdasarkan senjata api itu sendiri.

Pistol / Handgun

Colt M1911
Jenis ini merupakan senjata api yang didesain untuk bisa dibawa dengan satu tangan, meskipun dalam praktek penggunaannya sering menggunakan dua tangan. Bentuk dari senjata api ini juga beragam, mulai dari single-shot, lalu bentuk revolver, dan yang semi otomatis. Contoh: .44 Magnum, Pistol Flintlock, P99, ColtM1911, dll.

Senapan Lontak / Musket


Charleville Musket

Senjata ini muncul di sekitar abad ke-16 dan bertahan hingga abad ke-19. Senjata ini memiliki laras yang cukup panjang, dan menembakkan peluru bola metal berbentuk bulat. Karena pengisian pelurunya harus dari ujung larasnya, senapan ini menmbutuhkan waktu reload yang cukup lama.

Rifled Musket

Springfield Model 1855
Rifling merupakan praktek tindakan pembuatan alur dalam senjata sehingga peluru bisa lebih akurat dan lebih jauh melesat keluar dari senjata. Jenis senjata ini dengan cepat menggantikan senapan lontak biasa. Perkembangan selanjutnya adalah pengisian peluru lewat bagian belakang senjata, sehingga pengisian senjata menjadi lebih cepat.

Rifle

Istilah ini mengacu pada senjata laras panjang modern yang memiliki rifling pada larasnnya. Senjata ini memiliki sub-grup lagi, yaitu Battle Rifle dan Assault Rifle (senapan serbu).

Rifling pada 105mm tank gun

Battle Rifle

FN FAL

Senjata ini muncul setelah perang dunia kedua. Battle Rifle merupakan senjata otomatis laras panjang. Senjata ini memiliki full-power catridges (peluru yang ukurannya besar) dan biasanya digunakanan pada garis depan pertempuran, dan menggunakan jenis peluru 7.62x51mm oleh negara barat. Yang membedakan senjata ini dengan Assault Rifle adalah dari ukuran pelurunya yang relatif lebih besar. Yang termasuk dalam golongan senjatai ini seperti: HK G3, M14, FN FAL, dll.

Assault Rifle / Senapan Serbu

AK - 47

Senjata ini terletak diantara submachine gun dan light machine gun. Senjata ini merupakan senjata modern yang paling sering digunakan pada hari ini. Senjata ini juga menggantikan Battle Rifle pada pertempuran garis depan. Dibandingkan dengan menggunakan full-power catridges, senapan serbu atau Assault Rifle ini menggunakan peluru yang ukurannya lebih sedang atau biasa disebut intermediate catridge. Senjata ini juga mulai menggunakan wadah peluru (magazine) yang tidak permanen alias bisa dilepas. Contoh: StG 44, M16, AK-47, L85A1, HKG36, dll.

Carbine / Karabin

KAR 98K

Carbine atau karabin, sebenarnya merupakan sejata laras panjang, namun dengan laras yang dipendekan. Senjata ini bisa menggunakan basis mukset ataupun senapan otomatis. Senjata ini memliki kemampuan menembakan full-power catridges dengan ukuran senjata yang lebih kecil, mengingat ukuran laras yang dikurangi. Namun, karena berbagai macam modifikasi tersebut, akurasi dan jaraknya berkurang sehingga carbine bisa dikategorikan sebagai senjata jarak dekat-menengah. Contoh: KAR 98K, Car-15, M1 Carbine, M4 Carbine, dll.

Submachine Gun / Pistol Mitraliur

Heckler & Koch MP5 (HK MP5)

Submachine Gun merupakan senjata otomatis dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan teman-teman rifle nya. Senjata ini juga memiliki rifling meskipun dengan ukuran yang lebih kecil sesuai dengan ukuran senjatanya. Maka dari itu, submachine gun menggunakan peluru atau catridges berukuran pistol. Contoh senjata ini: HK MP5, MP38/40, STEN Gun, UZI 9mm, AKSU-74.

Designated Marksman Rifle (DMR) / Senapan penembak jitu

Pindad SS2 - V4

Senjata ini adalah senapan otomatis yang memiliki bidikan optik sniper dan digunakan oleh tim penembak jitu. Personel DMR berada diantara pasukan garis depan dan dengan penembak runduk atau Sniper. Senjata ini memiliki laras senjata panjang, menggunakan full-power catridges, dan bersifat semi-otomatis.  Contoh dari senjata ini biasanya adalah Battle Rifle diatas, misalnya: FAMTD dari FN FAL, Pindad SS2-V4 dari Pindad SS2, HK417, SVD, dll.

Sniper Rifle / Senapan Runduk

XM2010

Sebelumnya, mari kita berbicara tentang perbedaan penembak jitu (makrsman) dan penembak runduk (sniper). Seorang sniper adalah orang yang terlatih di bidang stealth dan kamuflase, sedangkan seorang penembak jitu tidak. Seorang penembak jitu adalah bagian dari infanteri yang bertugas untuk memperpanjang jarak jangkauan regu untuk maju (tentunya dengan menembak musuh), sedangkan seorang sniper berfungsi sebagai pengintai, pemberi informasi, dan juga memberi efek psikologis pada musuh. Senjata yang dipakai pun juga berbeda, sniper menggunakan senjata bolt-action khusus, sedangkan penembak jitu menggunakan Battle rifle yang sudah dimodifikasi.

Seorang sniper terlatih untuk menembak pada jarak yang cukup jauh. Senjata khusus yang digunakan memiliki sistem akurasi yang tinggi, dengan optik, bipod, dan penahan bahu yang bisa diatur. Senjata sniper tradisional menggunakan bolt-action yang harus digunakan secara manual, untuk bisa memasukkan peluru kedalam senjata ini. Peluru yang digunakan biasanya 7.62mm full-power catrdige. Contoh dari senjata ini: remington M40, Mosin-Nagant, SVD, XM2010, dll.

Anti-Material Rifle

Barret M82A1

Senjata ini juga merupakan senjata Bolt-Action, dimana pertama kali dikembangkan oleh jerman pada perang dunia pertama, untuk menyerang tank inggris. Senjata ini menembakan full power catridges yang berukuran lebih besar, yakni 12.7x99mm NATO (.50B<G), 14,5x11mm Russian, atau baru-baru ini, 20mm catridge. Fungsi utama dari senjata ini adalah untuk menembak bagian rapuh dari Armored Vehicle (AV) sehingga menyebabkan kendaraan itu tak bisa beroperasi. Selain itu, senjata ini juga bisa digunakan untuk melawan peralatan komunikasi hingga personel militer sekalipun. Karena recoil yang sangat tinggi, maka senjata ini didesain untuk ditembakkan dalam posisi tiarap. Contoh dari senjata ini: Pindad SPR-2, Barret M82A1, Barret M90, Mauser 1918 T-Gewehr, dll.


Reference:
sumber gambar: Google images labeled for reuse
http://aboutforensics.co.uk/firearms-ballistics/

1 comment:

  1. UNTUK INFO PENJUALAN SENJATA API /SENPI ORIGINAL
    CEK WEBSAIT NYA : https://www.sentralarmy.shop/

    TRIMAHKASI SEMOGA BERMANFAAT

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib