Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

Pernahkah sobat Obserfans memperhatikan rating yang berbeda penyampaian nya di platform tertentu, sebut saja Google Maps, Ojek Online (Ride Hailing), dan lain sebagainya. Beberapa orang memberikan bintang 5 padahal disertai dengan komentar yang "biasa" saja, sedangkan ada yang memberikan bintang 3 tetapi disertai komentar yang seharusnya melebihi bintang yang diberikan?

Halo Obserfans, Pada seri Studies kali ini kita akan coba menganalisis bagaimana kecenderungan seseorang dalam memberikan rating di sebuah platform. Sekali lagi, artikel ini sifatnya merupakan opini semata dari Investigamin. Yuk, kita bahas!

Ilustrasi

Analisis Faktor Logika

Secara umum, Investigamin dapat memberikan beberapa poin yang dapat mempengaruhi orang ketika memberikan rating di sebuah platform:
  • Kebutuhan dan ekspektasi:Orang-orang akan memberikan rating yang lebih tinggi ketika platform atau aplikasi memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mereka.

  • Kemudahan penggunaan: Jika aplikasi tersebut memberikan pengalaman kemudahan penggunaan, maka orang-orang cenderung memberkan rating yang lebih tinggi

  • Kualitas produk atau layanan: Tentu saja kualitas produk atau layanan juga berpengaruh.

  • Harga: harga barang dan jasa dapat mempengaruhi rating.

  • Pelayanan pelanggan / customer service: Menurut investigamin, interaksi suatu penyedia barang/jasa dalam menanggapi feedback dari pelanggan merupakan salah satu poin yang cukup penting untuk menentukan rating pengguna.

Jika diperhatikan, maka semua poin poin diatas berdasarkan pada sesuatu yang dapat diukur baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Maka, decision making yang kalian buat berdasarkan beberapa aspek diatas harusnya di proses secara logika.

Analisis Faktor Perasaan

Meski begitu, manusia bukanlah makhluk yang serta merta memutuskan dari sekian banyak hal yang bisa diukur secara kualitatif maupun kuantitatif. Disinilah emosi dan perasaan berperan untuk menentukan rating diberikan kepada platform rating tersebut. Beberapa emosi atau perasaan yang berperan seperti:
  • Kasihan : kasihan terhadap mitra / tempat / pemberi jasa
  • Niat membantu: niat membantu supaya menaikan overall rating
  • Niat usil/troll: murni karena niat usil dan jahat
  • Idealisme: memiliki standar yang tidak masuk akal
  • dll.
Sebenarnya masih banyak lagi emosi yang bisa berperan, kalau kalian tahu, yuk tulis di kolom komentar!

Kesimpulan

Tujuan Investigamin menulis artikel ini hanya ingin menyampaikan bahwa manusia tidak hanya bertidak dari logika saja melainkan harus melibatkan perasaan dan emosi yang positif tentunya. Banyak orang diluar sana yang sangat bergantung pada rating yang kalian berikan terlepas dari performa mereka. Ada baiknya kita memberikan rating yang sesuai dengan apa yang telah kalian terima, namun jika rating kalian tersebut dapat berdampak cukup besar bagi seseorang atau banyak orang, Investigamin sangat menganjurkan untuk bisa memberikan rating yang sesuai dengan hati kalian.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib