Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]

“Mata adalah Jendela jiwa… “
Mata bisa memberi tahu kita tentang seseorang hanya dengan melihat ke mereka. Dalam postingan kali ini, jurnaldetektif akan membahas mengenai eye reading atau pembacaan mata. Seorang yang ahli dalam bahasa tubuh pembacaan mata dapat menyimpulkan keadaan seseorang hanya dengan melihat matanya saja.

Pupil mata
Pupil adalah bagian mata yang tidak bisa  kita kontrol. Hal ini disebabkan karena pupil mengontrol banyaknya cahaya yang masuk. Eckhard Hess (1975) menemukan bahwa pupil akan membesar bila kita tertarik pada seseorang atau kepada benda yang kita lihat.

Kontak mata
Kontak mata yang efektif adalah kunci dari interaksi kita sehari-hari. Hal itu juga untuk orang yang ingin menjadi pembicara efektif di depan umum.

Kontak mata berlebihan
Pada berbagai budaya di dunia, kontak mata pada seseorang adalah hal yang wajar, asalkan tidak kelewatan. Kontak mata yang terlalu berlebihan sering berarti intimidasi, dan menyebabkan orang yang ditatap merasa tidak nyaman. New Zealand Medical Journal melaporkan bahwa banyak anak kecil diserang anjing peliharaan karena terlalu sering menatap mata anjing mereka sehingga anjing tersebut merasa terancam. Singkatnya, kontak mata yang terlalu berlebihan terkadang tidak dianjurkan.

Kontak mata yang berlebihan juga berarti bahwa orang tersebut terlalu siaga. Misalkan ada seseorang yang berusaha menipu orang lain, penipu tersebut akan memanipulasi kontak mata agar tak terlihat menghindari lawan bicara. Hal ini, menandakan bahwa mereka berbohong.

Menghindari Kontak mata
 Kita tidak berani menatap mata seseorang karena kita malu pada mereka, atau ketika kita berbohong. Scotland’s Univerrsity of Stirling menemukan pada tanya-jawab anak-anak, bahwa mereka yang mempertahankan kontak mata cenderung menjawab salah, sedangkan mereka tak menatap akan memikirkan  lagi jawaban mereka.

Menangis
Menangis sering terjadi karena emosi kita terguncang, entah karena sedih atau terlalu senang. Kita juga bisa menangis ketika mereka tertawa.Seringkali, seseorang pura-pura menangis karena ingin mendapat simpati atau menipu orang lain. “Air mata buaya” istilahnya.

Berkedip
Jika seseorang berkedip lebih dari 6-10 kali per menit, bisa berarti bahwa orang itu tertarik pada lawan bicara mereka, dan karena inilah kita bisa melihat bahwa seseorang suka pada kita.

Mengedip
Mengedipkan mata seringkali dilakukan kepada seseorang yang dekat dengan kita. Namun, hal ini bisa berbeda tergantung dari budaya di daerah tersebut.

Arah pandangan
Bagaimana kita bisa tahu apa yang dipikirkan seseorang hanya dengan melihat arah pandangan mereka saat merka berbicara? Biasanya pandangan ke arah kiri mereka mengindikasikan mereka mengingat, sedangkan ke arah kanan mereka, mengindikasikan pemikiran kreatif mereka. Selengkanya bisa dilihat di bawah.
sumber gambar: dok. pribadi

Reference:

https://qph.ec.quoracdn.net/main-qimg-91763477d1a9f7c85ec0714ab1a00ba7.webp

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib