Jurnal Detektif

A blog about detective, forensics, psychology, weapory and many more!

Full width home advertisement

Senjata: Pelindung dan Penghancur

Keahlian Seorang Detektif

Post Page Advertisement [Top]


Catur merupakan salah satu permainan strategi yang sudah eksis sejak lama. Jika kalian para Obserfans menyelidiki catatan dan literasi yang terdapat pada berbagai sumber, maka asal permainan catur belum terlalu jelas. Meskipun begitu, permainan ini tak lekang oleh waktu dan terus dipertandingkan di berbagai tingkatan. Penulis tidaklah piawai dalam permainan ini, namun tetap mengagumi kejeniusan pencipta sistem permainan catur. Selain itu, permainan catur di dalam pikiran juga merupakan salah satu daya tarik penulis untuk berbagi sedikit hal dasar yang harus dipahami para partisipan. Tentu sangat menarik bukan?

File:Alg chess notation.png - Wikimedia Commons
Peta Alamat Tiap Kotak Catur
source: commons.wikipedia

Papan Catur

Konfigurasi yang kita gunakan saat ini berasal dari eropa selatan dari pertengahan abad ke 15, sedangkan versi yang lebih tua berasal dari Persia dan India.

Perlu diketahui sebagai acuan bahwa sebuah papan catur terdiri dari 64 kotak. Dengan kata lain, papan catur merupakan sebuah persegi dengan sisi berukuran 8 x 8. Total jumlah biji permainan yang dimiliki setiap orang adalah 16. Maka dari itu, “medan perang” yang terdapat diantara sisi hitam dan putih berjumlah 32 kotak (8 x 4).
Letter and number system chess notation
Papan Catur dengan Notasi di Samping
source: ichess.net

Lalu apa penting nya semua ini? Ada hubungannya dengan notasi catur dan permainan catur dalam pikiran. Maka dari itu, pada artikel ini penulis akan menjabarkan secara singkat dasar-dasar notasi tersebut. ibaratnya ketika ingin bermain sepakbola, maka si pemain harus bisa menguasai teknik menendang, mengoper dan sebagainya.

Notasi Catur

Kenapa kita harus mempelajari  notasi catur terlebih dahulu? karena ini adalah fondasi utama untuk bermain catur di dalam pikiran. "Medan perang" dari mind chess adalah koordinat yang terdiri dari gabungan hururf dan angka yang menjadi notasi catur. Notasi catur terdiri dari huruf A-H dan angka 1-8. huruf menjadi absis (sumbu x / horizontal) sedangkan angka menjadi ordinat nya (sumbu y / vertikal).
Chess Pieces Set Up: The Definitive Guide For Chess Beginners
Biji Putih Memiliki Notasi Angka yang Rendah
source: ichess.net

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar diatas, sisi hitam atau putih akan sangat menentukkan notasi kita di permainan catur, hitam akan mulai dengan notasi yang tinggi, karena posisi biji catur mereka ada di angka 7 dan 8, sedangkan warna putih mulai dengan angka 1 dan 2.

Setiap biji catur memiliki "inisial" yang berbeda-beda pula:

King       = K     --Raja

Queen    = Q     --Ratu

Bishop   = B     --Menteri

Knight   = N     --Kuda

Rook      = R     --Benteng

Pawn     = tanpa notasi (karena jumlah nya banyak)

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai peristiwa yang dapat terjadi di papan catur:

1. Pergerakan:

Untuk pergerakan, cukup dengan menuliskan kode biji catur (K/Q/B/N/R) diikuti dengan kotak tujuan. semisal, menteri ingin pergi ke c4, maka tinggal dituliskan Bc4. Jika itu pion, maka langsung saja menuliskan tujuannya. Semisal pion dari b2 ingin maju 1 langkah, maka tinggal menuliskan b3.

lalu bagaimana jika ada 2  biji catur yang bisa menuju ke 1 arah yang sama?

untuk menjawab nya perhatikan ilustrasi berikut ini:

Chess Notation: Step-by-step Guide For Beginners
Kuda b1 dan f3 sama-sama bisa menuju d4
source: ichess.net 
karena kedua kuda tersebut sama-sama bisa menuju ke arah yang sama, maka di depan notasi nya perlu ditambahkan alamat sel salah satu kuda sebelum menulis notasinya. Kuda tersebut berasal dari sel b2, sehingga pada notasinya berubah menjadi Nbd2. N adalah kode kuda, merupakan absis sel asal ( baris b) sedangkan d2 merupakan sel tujuannya.

2. Penaklukan (makan):

Mungkin kita lebih mengenalnya dengan istilah "makan". Proses penaklukan sederhana, hanya menambahkan huruf  "x" sebelum menuju ke sel tujuan. Semisal jika ada kuda yang ingin memakan pion di e5, maka kuda tinggal dituliskan Nxe5.

3.Skak dan Skakmat:

untuk skak, kita hanya perlu menambahkan notasi "+" di akhir sel tujuan. Semisal ada menteri yang bisa skak raja ketika berada di sel b5, maka ketika perpindahan, notasi yang dituliskan tinggal Bb5+. Seandainya sang menteri memakan sebuah pion di sel itu maka menjadi Bxb5+. Untuk skakmat. biasanya notasi yang dipakai adalah "++" atau "#". untuk penulisan dengan contoh tadi menjadi Bb5++ atau Bb5#.

4.Castling

Castling adalah peristiwa dimana raja bersatu dengan benteng. untuk notasi nya adalah "0-0" jika benteng nya berada di sisi raja (biasanya di kanan jika putih dan kiri jika hitam). "0-0-0" digunakan jika bentengnya di sisi ratu (kebalikan sisi raja).

5.Promosi pion

Pion yang mencapai ujung akan berubah menjadi peran yang baru di peraturan permainan catur. Maka dari itu notasi untuk perubahan pion tersebut menggunakan "=". Semisal jika ada pion yang berasal dari b8 dan telah mencapai ujung dan ingin menjadi ratu (Q), maka notasi perubahannya adalah b8=Q.

Dari sebuah sistem, diturunkan lagi sebuah sistem lain. Hal itulah yang terjadi ketika manusia terus berinovasi. Semoga catatan singkat ini berguna bagi para Obserfans yang ingin bermain catur didalam pikiran seperti Sherlock Holmes. Akhir kata, salam detektif!

Referensi:
Chase, W.G. and Simon, H.A., 1973. Perception in chess. Cognitive psychology4(1), pp.55-81.
https://www.chess.com/forum/view/general/seeing-a-chess-board-in-your-mind-help
https://www.britannica.com/topic/chess/Development-of-theory

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib